RSS

Perbedaan Hacker & Cracker. Siapa yang baik? Dan siapa yang jahat?

Hacker !!!! siapakah dirimu? Memang sampai sekarang masih banyak orang yang salah mendefinisikan arti hacker dan cracker. Yah, sebagian besar orang mungkin menganggap hacker dan cracker adalah sama yaitu seorang kriminal karena banyak melakukan kejahatan di dunia cyber. Kalau kedua istilah itu punya arti yang sama, maka pasti ada yang salah dengan pendefinisian keduanya.



Lalu, dimana letak kesalahan dari pendefinisian kedua istilah yang kerap hinggap ditelinga kita ini? Apalagi semenjak ada kabar bahwa "KPU-online" dibobol oleh para "hacker" beberapa bulan kebelakang, atau bahkan baru-baru ini situs "POLRI" & "Lemhannas" juga dikabarkan telah dibobol oleh seorang hacker. Benarkah itu adalah pekerjaan seorang hacker? Atau pekerjaan seorang cracker?

Tulisan ini mencoba menjawab dua istilah yang tidak asing ditelinga kita tersebut dengan wacana seorang pembelajar murni. Artinya, saya bukan dari kedua golongan tadi. Walaupun pada akhirnya menjadi tertarik untuk sekedar tahu aktifitas mereka (para hacker & cracker) sebagai satu ilmu yang menarik dalam dunia IT beberapa tahun ini.


PERSOALAN DASAR

Hacker dalam tulisan Eric Steven Raymond adalah "there is a community, a shared culture, of expert programmers and networking wizards that its history back trough decades to the firs time-sharing minicomputers and the earliesr ARPAnet experiment"

Dengan kata lain, Raymon mengatakan, "the members of this culture originated the term 'hacker'". Para hackerlah yang kemudian memperkenalkan internet, membuat program sistem operasi UNIX hingga bisa digunakan saat ini. Dan para hacker pula lah yang telah berjasa dalam menjalankan World Wide Web (www) sehingga dapat dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia di belahan manapun dia berada asal terkoneksi pada internet.

Lebih lanjut Raymon mengatakan "jika anda berada pada komunitas ini dan jika anda memiliki konstribusi didalamnya, dan kemudian orang mengenal anda sebagai hacker, maka anda adalah seorang hacker".

Sekilas dari pandangan Raymon kita dapat satu definisi bahwa seorang hacker bukanlah orang yang jahat seperti yang kita pikirkan selama ini. Ya, jika mereka memang bisa masuk kedalam komputer kita (malalui jaringan internet) karena mereka bisa menguasai ilmunya. Namun jika ada orang yang kemudian masuk secara ilegal kedalam komputer kita dan kemudian "mencuri dan mengacak-ngacak" data kita, mereka adalah CRACKER. Dan bisa jadi mereka adalah seorang hacker dalam dunia yang berbeda. Dengan kata lain, mereka semua adalah para ahli dalam hal teknologi informasi ini dan berkecimpung serius didalamnya.

Namun untuk menghindari kerancuan, maka sebuah kata kunci dalam masalah ini, menurut Raymon adalah perbedaan antara keduanya; seorang Hacker adalah dia yang membangun sistem, sementara seorang Cracker malah "menghancurkannya". (How to become a hacker, Eric S. Raymond, 2001).

Kapan istilah hacker menjadi trend sebagai sebuah kejahatan yang menakutkan? Tidak lain karena "dosa" pakar film di hollywood yang membiaskan istilah hacker dan cracker ini. Banyak film yang mengangkat tema hacker dalam sebuah bentuk "penghancuran sistem informasi" yang seharusnya makna itu diterapkan pada seorang cracker.

Sebut misalnya film The Net (1995), Take Down (1999). Film tersebut mengangkat tema hacker untuk menyebut cracker.

Dan dari kesalah penafsiran tadi, hingga kini pun istilah hacker masih dibiaskan dengan istilah cracker. Kerancuan itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, bahkan di luar negeripun pandangan terhadap keduanya sama seperti itu.

Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad club di Lab Kecerdasan Artifisial Masschusetts Institute Of Teknology (MIT). Istilah hacker awalnya bermakna positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer dengan lebih baik ketimbang yang ada sebelumnya (Memahami karakteristik Komunitas Hacker: Studi Kasus pada Komunitas Hacker Indonesia, Donny B.U, M.Si)


MENJADI HACKER

Mungkin sekilas tentang definisi di atas cukup untuk membatasi sejauh mana peranan seorang hacker dan cracker itu. Tulisan ini tidak akan mengangkat sejarah hacker dan awal mula kerancuannya. Namun lebih menitik beratkan pada bagaimana seandainya kita belajar menjadi hacker. Atau lebih spesifik, bisakah kita menjadi seorang hacker?

Dalam tulisan How to Become a Hacker, Eric Steven Raymon mengatakan bahwa menjadi hacker tidaklah segampang yang dikira. Langkah awal untuk menjadi seorang hacker haruslah menguasai minimal 5 bahasa pemrograman yang ada. Ia menyebut bahasa pemrograman C/C++, Java, Perl, Phyton & LISP. Selain itu mampu berinteraksi dengan program HTML untuk dapat membangun komunikasi dengan jaringan internet. Semua dasar diatas adalah ilmu yang "wajib" dimiliki jika kita memang berminat untuk menjadi seorang hacker sejati. Karena pada dasarnya menjadi Hacker adalah penguasaan terhadap membaca dan menulis kode.

Kenapa kode? Karena memang komputer yang kita jalankan setiap hari pada intinya adalah terdiri dari berbagai kode instruksi yang cukup rumit.

Selain penguasaan terhadap bahasa pemrograman diatas, kita pun harus punya bekal yang cukup dalam berbahasa inggris untuk dapat saling bertukar pikiran dengan komunitas hacker dari seluruh dunia. Ini tidak dilarang karena pada umumnya, mereka (anggota komunitas tersebut) memiliki kode etik tersendiri tentang open-source atau kode-kode program yang boleh dibuka dan diutak atik oleh orang lain. Contoh, kode-kode Linux yang marak di perkenalkan baru-baru ini memiliki konsep open source dan karenanya bisa dimiliki oleh khalayak ramai dengan sebutan free software.

Kembali pada persoalan diatas, menjadi seorang hacker untuk tujuan saling berbagi ilmu dalam teknologi informasi ini, atau dalam arti yang lebih luas untuk memudahkan pemakai komputer pada masa yang akan datang, bukanlah hal harus ditakuti. Sebaliknya, ilmu tersebut harus diterjemahkan dan sama-sama digali sehingga menjadi bagian terintegral dalam memahami lika-liku dunia cyber. Asal saja kita tidak terjebak pada prilaku yang negatif sehingga menjadi seorang cracker yang membobol sitem rahasia orang lain.


PERBEDAAN HACKER DAN CRACKER

a) HACKER
  1. Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.
  2. Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
  3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.

b) CRACKER
  1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagian contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
  2. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu.

Sudah jelas yang sebenarnya orang jahat itu adalah cracker bukan hacker seperti kebanyakan pendapat orang.

Di sisi ini menarik untuk di simak, satu sisi, kita butuh teknologi canggih yang kerap bermunculan dalam hitungan detik, sisi lain ada kekhawatiran takut terjebak pada pola "nyeleneh" yang berakibat patal. Namun demikian, sebagai satu sikap, kita berpijak pada satu kesepakatan, bahwa mempelajari bahasa-bahasa yang ditawarkan oleh Eric Steven Raymon diatas, adalah hal yang baik. Karena dengan mempelajarinya, kita minimal dapat mendapat solusi untuk membuat program yang berguna bagi orang lain. Dan jika ini dilakukan, percayalah, anda adalah seorang hacker.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Program Segitiga Pascal

Berikut adalah Source Code untuk membuat Segitiga dalam Pascal :
uses wincrt;
var i,j,n,z : integer;
function sgtg(baris,posisi:integer):longint;
var output:integer;
begin
   if(posisi= 1) or (posisi =baris)  then
   begin
      sgtg:= 1;
   end
   else
      sgtg:= Sgtg(baris-1,posisi)+ Sgtg(baris-1,posisi-1);
end;
begin
   write (' Masukan Tingkat ==> ');readln(z);
   writeln;
   for i:=1 to z do
   begin
      for n:=z downto i do
      write(' ');
      for j:=1 to i do
      write(sgtg(i,j):2);
      writeln;
      writeln;
   end;
   readln;
end.

Hasil Keluaran :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tugas Mandiri 2 Pemrograman Dasar

Source Code :
uses wincrt;
label menu;
type handphone=record
     kodehp,namahp:string[20];
     hargahp:real;
     stokhp:byte;
     end;
     a=array [byte] of handphone;
var hp:a;     
    pil,n,i:byte;
    namahp2:string;
    stokhp2,jml:byte;
    byr,tot,kmbl:real;
    b:char;
begin menu:
      clrscr;
      writeln('..:: Menu Pilihan ::..');
      writeln;
      writeln('1. Input Data HandPhone ');
      writeln('2. Cek Data HandPhone ');
      writeln('3. Membeli HandPhone ');
      writeln;
      pil:=5;
      while (pil<0) or (pil>4) do
      begin
        Write('Masukkan Pilihan Anda ? ');readln(pil);
      end;

  case pil of
  1: begin clrscr;
       b:='y';
       repeat
         inc(n);
         write ('Kode Handphone  = ');readln(hp[n].kodehp);
         write ('Nama Handphone  = ');readln(hp[n].namahp);
         write ('Harga Handphone = ');readln(hp[n].hargahp);
         write ('Stok Handphone  = ');readln(hp[n].stokhp);
         writeln;
         write ('Ingin Memasukkan Data Handphone Lagi [y/t] ? ');readln(b);
         writeln;
       until b='t';
       goto menu;
     end;
  2: begin clrscr;    
        writeln('===================================================');
        writeln('No   Kode      Nama          Harga           Stok  ');
        writeln('===================================================');           
        for i:=1 to n do with hp[i] do
        begin
           writeln(i,'    ',kodehp:3,'     ',namahp:8,'        ',hargahp:6:2,'        ',stokhp:3);
        end;
        {cek daftar HandPhone}
        begin
           write('Masukkan Nama HandPhone = ');readln(namahp2);
           for i:=1 to n do with hp[i] do
           begin
              if namahp2=namahp then
              writeln('HandPhone ',namahp,' berada pada No ',i,' dengan Harga Rp. ',hargahp:6:2);
           end;
           writeln;
           write('Kembali ke Menu [y/t] ? ');readln(b);
           if b='y' then goto menu
           else
           writeln;
           write('               ..*" Matur Nuwun "*..    ');
        end;
     end;

  3: begin clrscr;
        writeln('===================================================');
        writeln('No   Kode      Nama          Harga           Stok  ');
        writeln('===================================================');
        for i:=1 to n do with hp[i] do
        begin
           writeln(i,'    ',kodehp:3,'     ',namahp:8,'        ',hargahp:6:2,'        ',stokhp:3);
        end;
        {Membeli HandPhone}
        begin
           writeln;
           write('Nama HandPhone yang dibeli   = ');readln(namahp2);
           write('Jumlah HandPhone yang dibeli = ');readln(stokhp2);
           write('Uang yang Dibayarkan         = ');readln(byr);                                                                   
           begin
             for i:=1 to n do with hp[i] do
             begin
              if namahp2=namahp then
               begin
                 jml:=stokhp-stokhp2;
                 tot:=stokhp2*hargahp;
                 kmbl:=byr-tot;
                 writeln;
                 writeln('"Anda membeli HandPhone ',namahp2,' dengan jumlah ',stokhp2,' Barang".');
                 writeln('Total Bayar           = ',tot:6:2);
                 writeln('Uang yang Dibayarkan  = ',byr:6:2);
                 writeln('Uang Kembali          = ',kmbl:6:2);
                 writeln;
               end;
             end;
           end;
           write('Kembali ke Menu [y/t] ? ');readln(b);
           if b='y' then goto menu;
        end;
     end;
  end;
end.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kumpulan Tips dan Trik bermain PES 2011


Pro Evolution Soccer memang sangat di minati masyarakat khususnya kaum laki - laki. Pro Evolusion Soccer 2011 menyimpan banyak kejutan di banding pendahulunya yaitu PES 2010, berbagai macam trik baru di suguhkan dalam game PES 2011 ini, mulai fitur atau teknik baru tendangan bebas / freekick, dribble,  crossing, cara tendangan pinalti yang baru dari PES 2011. Berikut ini adalah Kumpulan tips - trik Pro Evolution Soccer 2011.

Tips - Trik Dribble PES 2011 :
  • Diagonal bounce : tahan L2, arahkan analog kanan ke kiri dan analog kiri ke atas kanan
  • Heel chop : tahan L2, arahkan analog kanan keatas dan analog kiri ke atas
  • Backhell Feint : tahan L2, putar 1/4 lingkaran analog kanan dari arah kiri hingga ke atas dan analog kiri ke arah bawah
  • Rainbow Flick : tahan L2, dan tekan analog kanan 2 kali
  • Ball roll 1 : tahan L2, arahkan analog kanan ke bawah
  • Ball roll 2 : tahan L2, arahkan analog kanan ke bawah lalu ke atas
  • Front Flick : tahan L2, tekan analog kanan dan analog kiri arah kan ke kiri atas (serong)
Tips - Trik Crossing PES 2011 : 
  • Pertama, Umpan lambung tinggi. Anda cukup menekan tombol O sekali saja.
  • Kedua, Umpan crossing lambung menengah. Anda cukup menekan tombol O dua kali.
  • Ketiga, Umpan crossing mendatar. Anda cukup menekan tombol O tiga kali.
Tips - Trik Freekick / tendangan bebas PES 2011 :
  • Arahkan pemain kita ke sudut yang jauh dari kiper
  • Tekan dan tahan tombol arah bawah, lalu tekan tombol kotak dg power gauge skitar 60%  
  • Segera lepas tombol arah bawah tadi lalu ganti menekan tombol X+arah dan Bola akan menukik

Tips - Trik Pinalty PES 2011 :
  • Pada posisi ini kita cukup menekan tombol kotak (langsung dilepas,) kemudian tunggu beberapa saat sampai pemain bergerak mendekati bola.
  • Setelah pemain berada pada posisi di dekat bola, kita pencet tombol arah atas/bawah dengan menekannya sampai pemain menendang bola.
  • GOOOOOOAAAALLLLLL.................
Demikian Kumpulan Tips - Trik Pro Evolution Soccer 2011. Semoga bermanfaat gan..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

JPG to PDF Converter

JPG to Word ConverterPDF adalah sebuah format file yang cukup populer dikalangan pengguna komputer. Format file ini sering digunakan dalam ebook. File PDF adalah format yang yang didukung oleh hampir semua plaform dan operating system. Untuk membuat sebuah file PDF tentu saja kita membutuhkan sebuah software PDF Creator. Ada begitu banyak PDF Creator yang tersedia saat ini. Salah satunya adalah Primo PDF (freeware). Software tersebut mampu membuat dokument PDF dari dokumen Word, Teks, Excel dan beberapa format file lainnya. Namun, kemarin sebuah perusahaan pengembang software menghubungi saya dan memperkenalkan software mereka yang tentu saja masih berhubungan dengan file PDF. Software tersebut bisa digunakan untuk melakukan konversi gambar ke file PDF. Nama softwarenya adalah JPG To PDF Converter.


Seperti namanya, JPG To PDF Converter adalah sebuah software untuk membuat file PDF dari berbagai format gambar digital. Format file gambar yang didukung oleh tool ini adalah GIF, BMP, TIF, PNG, JPG, ICO dan PSD. Anda juga bisa mengatur rasio dari PDF file untuk kwalitas dan ukuran yang seimbang. Selain itu, Anda juga bisa mengatur file property seperti title, creation date, subject dan keyword dari file PDF hasil konversi.
JPG to Word Converter

JPG to PDF Converter memiliki tampilah yang sederhana sehingga tidak begitu sulit menggunakan software ini. Dengan hanya beberapa langkah Anda dapat membuat file PDF dari gambar dengan mudah. Untuk mebuat file PDF dari gambar hanya butuh 3 langkah sebagai berikut:
  • Klik tombol Add untuk menambahkan file gambar atau Add Folder utuk menambahkan gambar yang berada pada satu folder.
  • Selanjutnya tentukan title (judul), author, creation date, subject, keywords dan compression dari output nantinya dan tak lupa lokasi hasil otuput pada Output Path
  • Terakhir klik tombol Convert to PDF Now. Jika proses konversi sudah selesai, secara otomatis lokasi penyimpanan akan terbuka melalui Windows Explorer.
Jika ingin download :  http://www.jpgtopdfconverter.com/giveaway.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mengganti Lagu di PES 2011

Bagaimanakah cara mengganti lagu di PES 2011? Pertama download dulu toolsnya, namanya PES Sound File Converter. Dan jangan lupa siapkan lagu favorit anda.
Setelah tools dan lagu telah siap kita lanjut, ekstrak tool yang telah di download dan jalankan PESSFC.exe maka akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini :

 Tekan tombol add dan pilih lagu yang telah di siapkan.
Lalu tekan next dan pilih lokasi penyimpanan file hasil convert nya bisa dengan menekan tombol “…”, atau bila ingin file hasil convert disimpan di lokasi yang sama dengan file asli, silahkan centang ”Use Source Directory”.
Setelah itu tekan convert, dan proses converting akan berjalan, bila telah selesai maka tombol done akan aktif.
Lalu buka tempat anda menyiman hasil convert tadi.
Lalu copykan ke folder C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2011\kitserver\pesedit\img\dt02.img (di sesuaikan dengan tempat anda menginstall PES 2011), lalu rename file anda untuk mengganti salah satu lagu yang telah ada misal unnamed_15.adx, jadi cut dulu unnamed_15.adx yang asli ke luar folder lalu rename lagu anda misal dalam contoh tadi Linkin Park – In The End.adx menjadi unnamed_15.adx.
Selanjutnya edit file songs.txt yang ada di folder C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2011\kitserver\pesedit. Nah disini kita akan merubah judul lagu dan penyaninya, sebagai contoh tadi kita menggunakan file unnamed_15.adx berarti kita cari di songs.txt itu yang depannya 15 (sesuai dengan unnamed_15.adx) di file itu awalnya tertulis 15, “New York City Cops”, “The Strokes”.
Lalu kita ganti sesuai dengan judul lagu dan penyanyi lagu favorit kita tadi sebagai contoh kita ganti menjadi 15, “In The End”, “Linkin Park” lalu save dan close file songs.txt tadi.
Lalu buka file manager.exe yang ada di C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2011\kitserver dan tekan attach lalu ok, lalu close manager.exe.
Sekarang kita coba jalankan PES 2011, lalu ke menu System Setting – Playlist Editor – add to playlist
Selesai gan…
Sekarang lagu favorit kita udah bisa diputar di PES 2011. 
Jika ada yang kurang jelas silahkan coment. ok!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Program Mencari IPK dan Letak Kuadran

Syntax Program IPK dan Kuadran :

uses wincrt;
label lagi;
var a:real;
b:char;
x,y:integer;
pil:byte;
begin lagi:
clrscr;
writeln(‘ ================================= ‘);
writeln(‘           ==> M E N U  P I L I H A N <==            ‘);
writeln(‘ ================================= ‘);
writeln;
writeln(‘ 1. Menentukan Keterangan Nilai dari IPK.’);
writeln(‘ 2. Menentukan Letak Kuadran.’);
writeln;
{pil:=4;}
write(‘Masukkan Pilihan Anda ?  ‘);
readln(pil);
case pil of
1: begin clrscr;
write(‘Masukkan Nilai IPK Anda =  ‘);readln(a);
if (a>=3.0) and (a<=4.0) then writeln(‘Keterangan : IPK ‘,a:2:2,’ Sempurna’)
else if (a>=2.0) and (a<3.0) then writeln(‘Keterangan : IPK ‘,a:2:2,’ Baik’)
else if (a<2.0) then writeln(‘Keterangan : IPK ‘,a:2:2,’ Kurang’)
else write (‘”Maaf, Data yang Anda Masukkan Salah”.’);
writeln;
write(‘Apakah Anda Ingin Melakukan Pengecekan Lagi [y/n]? ‘);readln(b);
if b=’y’ then goto lagi;
end;
2: begin clrscr;
write(‘Masukkan Nilai x = ‘);readln(x);
write(‘         Nilai y = ‘);readln(y);
if (x>0) and (y>0) then writeln(‘Titik (‘,x,’,',y,’) Terletak pada Kuadran I’)
else if (x<0) and (y>0) then writeln(‘Titik (‘,x,’,',y,’) Terletak pada Kuadran II’)
else if (x<0) and (y<0) then writeln(‘Titik (‘,x,’,',y,’) Terletak pada Kuadran III’)
else if (x>0) and (y<0) then writeln(‘Titik (‘,x,’,',y,’) Terletak pada Kuadran IV’);
writeln;
write(‘Apakah Anda Ingin Melakukan Pengecekan Lagi[y/n]? ‘);readln(b);
if b=’y’ then goto lagi;
end;
end;
end.

Gambar Menu Utama :

 Gambar Pilihan IPK :

Gambar Pilihan Kuadran :

Gambar Untuk Mengakhiri Program :


Untuk Download Program : http://www.ziddu.com/download/14699821/IPKdanKuadran.rar.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tips Cara Mengatasi Virus di Flash Disk

Menghilangkan Virus
Langkah Pertama
  1. Pastikan antivirus terupdate
  2. Masukkan flash disk ke PC atau Laptop
  3. Jangan membuka kotak dialog yang muncul ketika flash disk dimasukkan ke PC atau laptop.
Langkah kedua
  1. Buka windows Explorer atau My Computer
  2. Klik kanan mouse di posisi drive flash disk, biasanya F:
  3. Kemudian pilih scan virus sesuai anti virus yang digunakan (“ingat”, biasakan antivirus terupdate)
Mengembalikan data
Setelah virus benar hilang dari flash disk, sekarang saatnya mengembalikan data yang disembunyikan (Hidden). Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Command Prompt, bisa dengan cara klik Start – Run- ketik cmd atau command (untuk Windows 98/ME).
  2. Setelah terbuka jendela command prompt, kemudian ketik attrib -h -r -s -a /s /d f: (dengan catatan berada di drive C, sebagai contoh; C:\Documents and Settings\Papa> attrib -h -r -s -a /s /d f: )
  3. Lalu setelah perintah tersebut diketikkan, kemudian enter.
  4. Apabila langkah no.2 tidak berhasil, anda pindahkan posisinya dari drive C ke drive flash disk (biasanya F), untuk memindahkan posisi drive, ikuti langkah berikut, apabila posisi flash disk di komputer atau laptop ada di drive F, maka (sebagai contoh) ; C:\Documents and Settings\Papa> F: kemudian enter maka akan pindah ke drive F:\>
  5. Setelah berada di posisi drive flash disk kemudian ketik perintah yang sama dengan langkah no.2, namun untuk f: yang berada di belakang dihilangkan, sebagai contoh : F:\> attrib -h -r -s -a /s /d , kemudian enter.
  6. Sesudah proses tersebut, sekarang coba cek folder atau file yang ada di flash disk.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Perbedaan WiFi dan WiMax

Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh.
Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, Amerika, sedangkan standar keluaran ETSI meluas penggunaannya di daerah Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan secara global, maka diciptakanlah WiMAX. Kedua standar yang disatukan ini merupakan standar teknis yang memiliki spesifikasi yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewat media wireless atau BWA.
Simpelnya, WiMax memiliki daya jangkau yg lebih luas dengan kecepatan yg lebih cepat dibandingkan Wifi.


*Sumber:  http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20071224012356AAq6eDG


Kekurangan & Kelebihan WiFi
a. Kelebihan Wi-fi
Tingginya animo masyarakat -khususnya di kalangan komunitas Internet- menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor.
1. Kemudahan akses
2. pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.

b. Kelemahan pada Wi-fi
Mudahnya dihacking oleh para hacer untuk mencuri password pengguna wi-fi Cara adalah    sebagai berikut: Pertama kita harus mengetahui perbedaan antara jaringan Hub dan Switch: * Pada jaringan hub semua data yang mengalir di jaringan dapat dilihat/diambil oleh komputer manapun yang ada di jaringan asalakan komputer tersebut merequest data tersebut, kalo tidak direquest ya tidak akan datang. * Pada jaringan switch hanya komputer yang melakukan pertukaran data yang dapat melihat data tersebut, komputer2 lain tidak berhak merequest data tersebut.

*Sumber :  http://www.wahyu-winoto.com/2010/12/kekurangan-kelebihan-wifi-dan-cara-hack.html

Secara garis besar sebenarnya tidak jauh beda antara wimax and wifi.
“Meskipun teknologi dasarnya sama, Wi-Fi dan WiMAX masih memiliki perbedaan. Menurut James, perbedaan antara keduanya terletak pada pembagian spektrum yang dipakai, dan pada penggunaan frekuensi berlisensi dalam WiMAX. Meskpun WiMAX dan Wi-Fi menggunakan salah satu frekuensi tidak berlisensi (yakni frekuensi 5,8GHz), WiMAX juga diarahkan untuk bisa memanfaatkan dua frekuensi lain yang berlisensi, yakni 2,5GHz and 3,5GHz. Hal ini memungkinkan kita meningkatkan daya keluaran perangkat WiMAX sehingga bisa menjangkau jarak yang lebih jauh”, dengan begitu maka jika wifi beroperasi pada kisaran meter, maka WiMAX bisa beroperasi pada kisaran kilometer.
“Selain itu, WiMAX dirancang dalam tataran teknologi carrier-grade". Hal ini membuat WiMAX memiliki kehandalan dan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan Wi-Fi. Dengan jangkauan jarak yang lebih jauh, dan kemampuan untuk melewati aneka penghalang seperti gedung atau pohon, WiMAX sesuai untuk diterapkan di daerah perkotaan yang memiliki gedung perkantoran dan pemukiman.


* Sumber : http://itcommunity.blogsome.com/2007/07/26/wimax-akses-nirkabel-broadband-untuk-metropolitan/


WiMAX Technology
Menurut James A. Johnson (Vice President, Intel Communications Group/General Manager, Wireless Networking Group), istilah WiMAX berasal dari singkatan wireless (disingkat Wi) Microwave Access (disingkat MAX). Ada juga yang mengartikan WiMAX – Worldwide Interoparibility for Microwave Access.
WiMAX dibangun berdasarkan standar yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan akses nirkabel berkecepatan tinggi. WiMAX memungkinkan akses terhadap aneka aplikasi multimedia seperti video streaming, video conference via koneksi nirkabel. WiMAX dikembangkan pada saat dilakukannya penelitian untuk mengurangi terjadinya interferensi frekuensi di antara berbagai kanal yang jaraknya saling berdekatan.
Teknologi WiMAX
WiMAX menyerupai Wi-Fi dalam hal penggunaan teknologi modulasi yang sama. Sistem modulasi yang digunakan adalah OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). OFDM merupakan sebuah sistem modulasi digital di mana sebuah sinyal dibagi menjadi beberapa kanal dengan pita frekuensi yang sempit dan saling berdekatan, dengan setiap kanal menggunakan frekuensi yang berbeda. Keunggulan teknologi ini adalah memungkinkan kita memancarkan berbagai sinyal dalam jarak yang sangat berdekatan, tanpa harus cemas bahwa aneka sinyal tersebut akan saling mengganggu/berinterferensi.

Perbedaan WiFi dan WiMAX
  • Perbedaan antara keduanya terletak pada pembagian spektrum yang dipakai dan pada penggunaan frekuensi berlisensi. WiMAX menggunakan free lisensi 5,8 GHz.
  • Wi-Fi umumnya bekerja pada frekuensi 2,4 GHZ (Free License), tidak mampu bekerja dengan sinyal pantulan dan harus bekerja tanpa halangan obyek (Line of Sight).
  • WiMAX dengan frekuensi 2,5GHz and 3,5GHz (License) mampu menjangkau jarak yang lebih jauh, dan memiliki kemampuan untuk melewati aneka penghalang seperti gedung atau pohon.
  • WiMAX merupakan standar IEEE 802.16 yang membawahi aneka standar turunannya. standar inilah mengatur penggunaan perangkat nirkabel untuk keperluan jaringan perkotaan (Metropolitan Area Network/MAN). Standar ini khususnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan jaringan akan akses nirkabel berkecepatan tinggi atau BWA (broadband wireless access). Sedangkan WiFi merupakan standar IEEE 802.11 beroperasi pada kisaran 100 meter hingga 20 km (WiMAX bisa beroperasi pada kisaran 50 km)
  • WiMAX dirancang dalam tataran teknologi carrier-grade. Hal ini membuat WiMAX memiliki kehandalan dan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan Wi-Fi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Berita Terpopuler

  • Welcome Message

Perbedaan Hacker & Cracker. Siapa yang baik? Dan siapa yang jahat?

| Jumat, 27 Mei 2011 |

Hacker !!!! siapakah dirimu? Memang sampai sekarang masih banyak orang yang salah mendefinisikan arti hacker dan cracker. Yah, sebagian besar orang mungkin menganggap hacker dan cracker adalah sama yaitu seorang kriminal karena banyak melakukan kejahatan di dunia cyber. Kalau kedua istilah itu punya arti yang sama, maka pasti ada yang salah dengan pendefinisian keduanya.



Lalu, dimana letak kesalahan dari pendefinisian kedua istilah yang kerap hinggap ditelinga kita ini? Apalagi semenjak ada kabar bahwa "KPU-online" dibobol oleh para "hacker" beberapa bulan kebelakang, atau bahkan baru-baru ini situs "POLRI" & "Lemhannas" juga dikabarkan telah dibobol oleh seorang hacker. Benarkah itu adalah pekerjaan seorang hacker? Atau pekerjaan seorang cracker?

Tulisan ini mencoba menjawab dua istilah yang tidak asing ditelinga kita tersebut dengan wacana seorang pembelajar murni. Artinya, saya bukan dari kedua golongan tadi. Walaupun pada akhirnya menjadi tertarik untuk sekedar tahu aktifitas mereka (para hacker & cracker) sebagai satu ilmu yang menarik dalam dunia IT beberapa tahun ini.


PERSOALAN DASAR

Hacker dalam tulisan Eric Steven Raymond adalah "there is a community, a shared culture, of expert programmers and networking wizards that its history back trough decades to the firs time-sharing minicomputers and the earliesr ARPAnet experiment"

Dengan kata lain, Raymon mengatakan, "the members of this culture originated the term 'hacker'". Para hackerlah yang kemudian memperkenalkan internet, membuat program sistem operasi UNIX hingga bisa digunakan saat ini. Dan para hacker pula lah yang telah berjasa dalam menjalankan World Wide Web (www) sehingga dapat dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia di belahan manapun dia berada asal terkoneksi pada internet.

Lebih lanjut Raymon mengatakan "jika anda berada pada komunitas ini dan jika anda memiliki konstribusi didalamnya, dan kemudian orang mengenal anda sebagai hacker, maka anda adalah seorang hacker".

Sekilas dari pandangan Raymon kita dapat satu definisi bahwa seorang hacker bukanlah orang yang jahat seperti yang kita pikirkan selama ini. Ya, jika mereka memang bisa masuk kedalam komputer kita (malalui jaringan internet) karena mereka bisa menguasai ilmunya. Namun jika ada orang yang kemudian masuk secara ilegal kedalam komputer kita dan kemudian "mencuri dan mengacak-ngacak" data kita, mereka adalah CRACKER. Dan bisa jadi mereka adalah seorang hacker dalam dunia yang berbeda. Dengan kata lain, mereka semua adalah para ahli dalam hal teknologi informasi ini dan berkecimpung serius didalamnya.

Namun untuk menghindari kerancuan, maka sebuah kata kunci dalam masalah ini, menurut Raymon adalah perbedaan antara keduanya; seorang Hacker adalah dia yang membangun sistem, sementara seorang Cracker malah "menghancurkannya". (How to become a hacker, Eric S. Raymond, 2001).

Kapan istilah hacker menjadi trend sebagai sebuah kejahatan yang menakutkan? Tidak lain karena "dosa" pakar film di hollywood yang membiaskan istilah hacker dan cracker ini. Banyak film yang mengangkat tema hacker dalam sebuah bentuk "penghancuran sistem informasi" yang seharusnya makna itu diterapkan pada seorang cracker.

Sebut misalnya film The Net (1995), Take Down (1999). Film tersebut mengangkat tema hacker untuk menyebut cracker.

Dan dari kesalah penafsiran tadi, hingga kini pun istilah hacker masih dibiaskan dengan istilah cracker. Kerancuan itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja, bahkan di luar negeripun pandangan terhadap keduanya sama seperti itu.

Terminologi hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad club di Lab Kecerdasan Artifisial Masschusetts Institute Of Teknology (MIT). Istilah hacker awalnya bermakna positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer dengan lebih baik ketimbang yang ada sebelumnya (Memahami karakteristik Komunitas Hacker: Studi Kasus pada Komunitas Hacker Indonesia, Donny B.U, M.Si)


MENJADI HACKER

Mungkin sekilas tentang definisi di atas cukup untuk membatasi sejauh mana peranan seorang hacker dan cracker itu. Tulisan ini tidak akan mengangkat sejarah hacker dan awal mula kerancuannya. Namun lebih menitik beratkan pada bagaimana seandainya kita belajar menjadi hacker. Atau lebih spesifik, bisakah kita menjadi seorang hacker?

Dalam tulisan How to Become a Hacker, Eric Steven Raymon mengatakan bahwa menjadi hacker tidaklah segampang yang dikira. Langkah awal untuk menjadi seorang hacker haruslah menguasai minimal 5 bahasa pemrograman yang ada. Ia menyebut bahasa pemrograman C/C++, Java, Perl, Phyton & LISP. Selain itu mampu berinteraksi dengan program HTML untuk dapat membangun komunikasi dengan jaringan internet. Semua dasar diatas adalah ilmu yang "wajib" dimiliki jika kita memang berminat untuk menjadi seorang hacker sejati. Karena pada dasarnya menjadi Hacker adalah penguasaan terhadap membaca dan menulis kode.

Kenapa kode? Karena memang komputer yang kita jalankan setiap hari pada intinya adalah terdiri dari berbagai kode instruksi yang cukup rumit.

Selain penguasaan terhadap bahasa pemrograman diatas, kita pun harus punya bekal yang cukup dalam berbahasa inggris untuk dapat saling bertukar pikiran dengan komunitas hacker dari seluruh dunia. Ini tidak dilarang karena pada umumnya, mereka (anggota komunitas tersebut) memiliki kode etik tersendiri tentang open-source atau kode-kode program yang boleh dibuka dan diutak atik oleh orang lain. Contoh, kode-kode Linux yang marak di perkenalkan baru-baru ini memiliki konsep open source dan karenanya bisa dimiliki oleh khalayak ramai dengan sebutan free software.

Kembali pada persoalan diatas, menjadi seorang hacker untuk tujuan saling berbagi ilmu dalam teknologi informasi ini, atau dalam arti yang lebih luas untuk memudahkan pemakai komputer pada masa yang akan datang, bukanlah hal harus ditakuti. Sebaliknya, ilmu tersebut harus diterjemahkan dan sama-sama digali sehingga menjadi bagian terintegral dalam memahami lika-liku dunia cyber. Asal saja kita tidak terjebak pada prilaku yang negatif sehingga menjadi seorang cracker yang membobol sitem rahasia orang lain.


PERBEDAAN HACKER DAN CRACKER

a) HACKER
  1. Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.
  2. Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
  3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.

b) CRACKER
  1. Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagian contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
  2. Kasus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu.

Sudah jelas yang sebenarnya orang jahat itu adalah cracker bukan hacker seperti kebanyakan pendapat orang.

Di sisi ini menarik untuk di simak, satu sisi, kita butuh teknologi canggih yang kerap bermunculan dalam hitungan detik, sisi lain ada kekhawatiran takut terjebak pada pola "nyeleneh" yang berakibat patal. Namun demikian, sebagai satu sikap, kita berpijak pada satu kesepakatan, bahwa mempelajari bahasa-bahasa yang ditawarkan oleh Eric Steven Raymon diatas, adalah hal yang baik. Karena dengan mempelajarinya, kita minimal dapat mendapat solusi untuk membuat program yang berguna bagi orang lain. Dan jika ini dilakukan, percayalah, anda adalah seorang hacker.


Program Segitiga Pascal

| Kamis, 26 Mei 2011 |

Berikut adalah Source Code untuk membuat Segitiga dalam Pascal :
uses wincrt;
var i,j,n,z : integer;
function sgtg(baris,posisi:integer):longint;
var output:integer;
begin
   if(posisi= 1) or (posisi =baris)  then
   begin
      sgtg:= 1;
   end
   else
      sgtg:= Sgtg(baris-1,posisi)+ Sgtg(baris-1,posisi-1);
end;
begin
   write (' Masukan Tingkat ==> ');readln(z);
   writeln;
   for i:=1 to z do
   begin
      for n:=z downto i do
      write(' ');
      for j:=1 to i do
      write(sgtg(i,j):2);
      writeln;
      writeln;
   end;
   readln;
end.

Hasil Keluaran :


Tugas Mandiri 2 Pemrograman Dasar

| Kamis, 19 Mei 2011 |

Source Code :
uses wincrt;
label menu;
type handphone=record
     kodehp,namahp:string[20];
     hargahp:real;
     stokhp:byte;
     end;
     a=array [byte] of handphone;
var hp:a;     
    pil,n,i:byte;
    namahp2:string;
    stokhp2,jml:byte;
    byr,tot,kmbl:real;
    b:char;
begin menu:
      clrscr;
      writeln('..:: Menu Pilihan ::..');
      writeln;
      writeln('1. Input Data HandPhone ');
      writeln('2. Cek Data HandPhone ');
      writeln('3. Membeli HandPhone ');
      writeln;
      pil:=5;
      while (pil<0) or (pil>4) do
      begin
        Write('Masukkan Pilihan Anda ? ');readln(pil);
      end;

  case pil of
  1: begin clrscr;
       b:='y';
       repeat
         inc(n);
         write ('Kode Handphone  = ');readln(hp[n].kodehp);
         write ('Nama Handphone  = ');readln(hp[n].namahp);
         write ('Harga Handphone = ');readln(hp[n].hargahp);
         write ('Stok Handphone  = ');readln(hp[n].stokhp);
         writeln;
         write ('Ingin Memasukkan Data Handphone Lagi [y/t] ? ');readln(b);
         writeln;
       until b='t';
       goto menu;
     end;
  2: begin clrscr;    
        writeln('===================================================');
        writeln('No   Kode      Nama          Harga           Stok  ');
        writeln('===================================================');           
        for i:=1 to n do with hp[i] do
        begin
           writeln(i,'    ',kodehp:3,'     ',namahp:8,'        ',hargahp:6:2,'        ',stokhp:3);
        end;
        {cek daftar HandPhone}
        begin
           write('Masukkan Nama HandPhone = ');readln(namahp2);
           for i:=1 to n do with hp[i] do
           begin
              if namahp2=namahp then
              writeln('HandPhone ',namahp,' berada pada No ',i,' dengan Harga Rp. ',hargahp:6:2);
           end;
           writeln;
           write('Kembali ke Menu [y/t] ? ');readln(b);
           if b='y' then goto menu
           else
           writeln;
           write('               ..*" Matur Nuwun "*..    ');
        end;
     end;

  3: begin clrscr;
        writeln('===================================================');
        writeln('No   Kode      Nama          Harga           Stok  ');
        writeln('===================================================');
        for i:=1 to n do with hp[i] do
        begin
           writeln(i,'    ',kodehp:3,'     ',namahp:8,'        ',hargahp:6:2,'        ',stokhp:3);
        end;
        {Membeli HandPhone}
        begin
           writeln;
           write('Nama HandPhone yang dibeli   = ');readln(namahp2);
           write('Jumlah HandPhone yang dibeli = ');readln(stokhp2);
           write('Uang yang Dibayarkan         = ');readln(byr);                                                                   
           begin
             for i:=1 to n do with hp[i] do
             begin
              if namahp2=namahp then
               begin
                 jml:=stokhp-stokhp2;
                 tot:=stokhp2*hargahp;
                 kmbl:=byr-tot;
                 writeln;
                 writeln('"Anda membeli HandPhone ',namahp2,' dengan jumlah ',stokhp2,' Barang".');
                 writeln('Total Bayar           = ',tot:6:2);
                 writeln('Uang yang Dibayarkan  = ',byr:6:2);
                 writeln('Uang Kembali          = ',kmbl:6:2);
                 writeln;
               end;
             end;
           end;
           write('Kembali ke Menu [y/t] ? ');readln(b);
           if b='y' then goto menu;
        end;
     end;
  end;
end.


Kumpulan Tips dan Trik bermain PES 2011

| Kamis, 05 Mei 2011 |


Pro Evolution Soccer memang sangat di minati masyarakat khususnya kaum laki - laki. Pro Evolusion Soccer 2011 menyimpan banyak kejutan di banding pendahulunya yaitu PES 2010, berbagai macam trik baru di suguhkan dalam game PES 2011 ini, mulai fitur atau teknik baru tendangan bebas / freekick, dribble,  crossing, cara tendangan pinalti yang baru dari PES 2011. Berikut ini adalah Kumpulan tips - trik Pro Evolution Soccer 2011.

Tips - Trik Dribble PES 2011 :
  • Diagonal bounce : tahan L2, arahkan analog kanan ke kiri dan analog kiri ke atas kanan
  • Heel chop : tahan L2, arahkan analog kanan keatas dan analog kiri ke atas
  • Backhell Feint : tahan L2, putar 1/4 lingkaran analog kanan dari arah kiri hingga ke atas dan analog kiri ke arah bawah
  • Rainbow Flick : tahan L2, dan tekan analog kanan 2 kali
  • Ball roll 1 : tahan L2, arahkan analog kanan ke bawah
  • Ball roll 2 : tahan L2, arahkan analog kanan ke bawah lalu ke atas
  • Front Flick : tahan L2, tekan analog kanan dan analog kiri arah kan ke kiri atas (serong)
Tips - Trik Crossing PES 2011 : 
  • Pertama, Umpan lambung tinggi. Anda cukup menekan tombol O sekali saja.
  • Kedua, Umpan crossing lambung menengah. Anda cukup menekan tombol O dua kali.
  • Ketiga, Umpan crossing mendatar. Anda cukup menekan tombol O tiga kali.
Tips - Trik Freekick / tendangan bebas PES 2011 :
  • Arahkan pemain kita ke sudut yang jauh dari kiper
  • Tekan dan tahan tombol arah bawah, lalu tekan tombol kotak dg power gauge skitar 60%  
  • Segera lepas tombol arah bawah tadi lalu ganti menekan tombol X+arah dan Bola akan menukik

Tips - Trik Pinalty PES 2011 :
  • Pada posisi ini kita cukup menekan tombol kotak (langsung dilepas,) kemudian tunggu beberapa saat sampai pemain bergerak mendekati bola.
  • Setelah pemain berada pada posisi di dekat bola, kita pencet tombol arah atas/bawah dengan menekannya sampai pemain menendang bola.
  • GOOOOOOAAAALLLLLL.................
Demikian Kumpulan Tips - Trik Pro Evolution Soccer 2011. Semoga bermanfaat gan..


JPG to PDF Converter

| |

JPG to Word ConverterPDF adalah sebuah format file yang cukup populer dikalangan pengguna komputer. Format file ini sering digunakan dalam ebook. File PDF adalah format yang yang didukung oleh hampir semua plaform dan operating system. Untuk membuat sebuah file PDF tentu saja kita membutuhkan sebuah software PDF Creator. Ada begitu banyak PDF Creator yang tersedia saat ini. Salah satunya adalah Primo PDF (freeware). Software tersebut mampu membuat dokument PDF dari dokumen Word, Teks, Excel dan beberapa format file lainnya. Namun, kemarin sebuah perusahaan pengembang software menghubungi saya dan memperkenalkan software mereka yang tentu saja masih berhubungan dengan file PDF. Software tersebut bisa digunakan untuk melakukan konversi gambar ke file PDF. Nama softwarenya adalah JPG To PDF Converter.


Seperti namanya, JPG To PDF Converter adalah sebuah software untuk membuat file PDF dari berbagai format gambar digital. Format file gambar yang didukung oleh tool ini adalah GIF, BMP, TIF, PNG, JPG, ICO dan PSD. Anda juga bisa mengatur rasio dari PDF file untuk kwalitas dan ukuran yang seimbang. Selain itu, Anda juga bisa mengatur file property seperti title, creation date, subject dan keyword dari file PDF hasil konversi.
JPG to Word Converter

JPG to PDF Converter memiliki tampilah yang sederhana sehingga tidak begitu sulit menggunakan software ini. Dengan hanya beberapa langkah Anda dapat membuat file PDF dari gambar dengan mudah. Untuk mebuat file PDF dari gambar hanya butuh 3 langkah sebagai berikut:
  • Klik tombol Add untuk menambahkan file gambar atau Add Folder utuk menambahkan gambar yang berada pada satu folder.
  • Selanjutnya tentukan title (judul), author, creation date, subject, keywords dan compression dari output nantinya dan tak lupa lokasi hasil otuput pada Output Path
  • Terakhir klik tombol Convert to PDF Now. Jika proses konversi sudah selesai, secara otomatis lokasi penyimpanan akan terbuka melalui Windows Explorer.
Jika ingin download :  http://www.jpgtopdfconverter.com/giveaway.html


Mengganti Lagu di PES 2011

| |

Bagaimanakah cara mengganti lagu di PES 2011? Pertama download dulu toolsnya, namanya PES Sound File Converter. Dan jangan lupa siapkan lagu favorit anda.
Setelah tools dan lagu telah siap kita lanjut, ekstrak tool yang telah di download dan jalankan PESSFC.exe maka akan terlihat tampilan seperti gambar di bawah ini :

 Tekan tombol add dan pilih lagu yang telah di siapkan.
Lalu tekan next dan pilih lokasi penyimpanan file hasil convert nya bisa dengan menekan tombol “…”, atau bila ingin file hasil convert disimpan di lokasi yang sama dengan file asli, silahkan centang ”Use Source Directory”.
Setelah itu tekan convert, dan proses converting akan berjalan, bila telah selesai maka tombol done akan aktif.
Lalu buka tempat anda menyiman hasil convert tadi.
Lalu copykan ke folder C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2011\kitserver\pesedit\img\dt02.img (di sesuaikan dengan tempat anda menginstall PES 2011), lalu rename file anda untuk mengganti salah satu lagu yang telah ada misal unnamed_15.adx, jadi cut dulu unnamed_15.adx yang asli ke luar folder lalu rename lagu anda misal dalam contoh tadi Linkin Park – In The End.adx menjadi unnamed_15.adx.
Selanjutnya edit file songs.txt yang ada di folder C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2011\kitserver\pesedit. Nah disini kita akan merubah judul lagu dan penyaninya, sebagai contoh tadi kita menggunakan file unnamed_15.adx berarti kita cari di songs.txt itu yang depannya 15 (sesuai dengan unnamed_15.adx) di file itu awalnya tertulis 15, “New York City Cops”, “The Strokes”.
Lalu kita ganti sesuai dengan judul lagu dan penyanyi lagu favorit kita tadi sebagai contoh kita ganti menjadi 15, “In The End”, “Linkin Park” lalu save dan close file songs.txt tadi.
Lalu buka file manager.exe yang ada di C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2011\kitserver dan tekan attach lalu ok, lalu close manager.exe.
Sekarang kita coba jalankan PES 2011, lalu ke menu System Setting – Playlist Editor – add to playlist
Selesai gan…
Sekarang lagu favorit kita udah bisa diputar di PES 2011. 
Jika ada yang kurang jelas silahkan coment. ok!!


Program Mencari IPK dan Letak Kuadran

| |

Syntax Program IPK dan Kuadran :

uses wincrt;
label lagi;
var a:real;
b:char;
x,y:integer;
pil:byte;
begin lagi:
clrscr;
writeln(‘ ================================= ‘);
writeln(‘           ==> M E N U  P I L I H A N <==            ‘);
writeln(‘ ================================= ‘);
writeln;
writeln(‘ 1. Menentukan Keterangan Nilai dari IPK.’);
writeln(‘ 2. Menentukan Letak Kuadran.’);
writeln;
{pil:=4;}
write(‘Masukkan Pilihan Anda ?  ‘);
readln(pil);
case pil of
1: begin clrscr;
write(‘Masukkan Nilai IPK Anda =  ‘);readln(a);
if (a>=3.0) and (a<=4.0) then writeln(‘Keterangan : IPK ‘,a:2:2,’ Sempurna’)
else if (a>=2.0) and (a<3.0) then writeln(‘Keterangan : IPK ‘,a:2:2,’ Baik’)
else if (a<2.0) then writeln(‘Keterangan : IPK ‘,a:2:2,’ Kurang’)
else write (‘”Maaf, Data yang Anda Masukkan Salah”.’);
writeln;
write(‘Apakah Anda Ingin Melakukan Pengecekan Lagi [y/n]? ‘);readln(b);
if b=’y’ then goto lagi;
end;
2: begin clrscr;
write(‘Masukkan Nilai x = ‘);readln(x);
write(‘         Nilai y = ‘);readln(y);
if (x>0) and (y>0) then writeln(‘Titik (‘,x,’,',y,’) Terletak pada Kuadran I’)
else if (x<0) and (y>0) then writeln(‘Titik (‘,x,’,',y,’) Terletak pada Kuadran II’)
else if (x<0) and (y<0) then writeln(‘Titik (‘,x,’,',y,’) Terletak pada Kuadran III’)
else if (x>0) and (y<0) then writeln(‘Titik (‘,x,’,',y,’) Terletak pada Kuadran IV’);
writeln;
write(‘Apakah Anda Ingin Melakukan Pengecekan Lagi[y/n]? ‘);readln(b);
if b=’y’ then goto lagi;
end;
end;
end.

Gambar Menu Utama :

 Gambar Pilihan IPK :

Gambar Pilihan Kuadran :

Gambar Untuk Mengakhiri Program :


Untuk Download Program : http://www.ziddu.com/download/14699821/IPKdanKuadran.rar.html


Tips Cara Mengatasi Virus di Flash Disk

| |

Menghilangkan Virus
Langkah Pertama
  1. Pastikan antivirus terupdate
  2. Masukkan flash disk ke PC atau Laptop
  3. Jangan membuka kotak dialog yang muncul ketika flash disk dimasukkan ke PC atau laptop.
Langkah kedua
  1. Buka windows Explorer atau My Computer
  2. Klik kanan mouse di posisi drive flash disk, biasanya F:
  3. Kemudian pilih scan virus sesuai anti virus yang digunakan (“ingat”, biasakan antivirus terupdate)
Mengembalikan data
Setelah virus benar hilang dari flash disk, sekarang saatnya mengembalikan data yang disembunyikan (Hidden). Berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Command Prompt, bisa dengan cara klik Start – Run- ketik cmd atau command (untuk Windows 98/ME).
  2. Setelah terbuka jendela command prompt, kemudian ketik attrib -h -r -s -a /s /d f: (dengan catatan berada di drive C, sebagai contoh; C:\Documents and Settings\Papa> attrib -h -r -s -a /s /d f: )
  3. Lalu setelah perintah tersebut diketikkan, kemudian enter.
  4. Apabila langkah no.2 tidak berhasil, anda pindahkan posisinya dari drive C ke drive flash disk (biasanya F), untuk memindahkan posisi drive, ikuti langkah berikut, apabila posisi flash disk di komputer atau laptop ada di drive F, maka (sebagai contoh) ; C:\Documents and Settings\Papa> F: kemudian enter maka akan pindah ke drive F:\>
  5. Setelah berada di posisi drive flash disk kemudian ketik perintah yang sama dengan langkah no.2, namun untuk f: yang berada di belakang dihilangkan, sebagai contoh : F:\> attrib -h -r -s -a /s /d , kemudian enter.
  6. Sesudah proses tersebut, sekarang coba cek folder atau file yang ada di flash disk.


Perbedaan WiFi dan WiMax

| |

Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk pengunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh.
Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Standar keluaran IEEE banyak digunakan secara luas di daerah asalnya, Amerika, sedangkan standar keluaran ETSI meluas penggunaannya di daerah Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan secara global, maka diciptakanlah WiMAX. Kedua standar yang disatukan ini merupakan standar teknis yang memiliki spesifikasi yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewat media wireless atau BWA.
Simpelnya, WiMax memiliki daya jangkau yg lebih luas dengan kecepatan yg lebih cepat dibandingkan Wifi.


*Sumber:  http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20071224012356AAq6eDG


Kekurangan & Kelebihan WiFi
a. Kelebihan Wi-fi
Tingginya animo masyarakat -khususnya di kalangan komunitas Internet- menggunakan teknologi Wi-Fi dikarenakan paling tidak dua faktor.
1. Kemudahan akses
2. pengguna yang ingin melakukan surfing atau browsing berita dan informasi di Internet, cukup membawa PDA (pocket digital assistance) atau laptop berkemampuan Wi-Fi ke tempat dimana terdapat access point atau hotspot.

b. Kelemahan pada Wi-fi
Mudahnya dihacking oleh para hacer untuk mencuri password pengguna wi-fi Cara adalah    sebagai berikut: Pertama kita harus mengetahui perbedaan antara jaringan Hub dan Switch: * Pada jaringan hub semua data yang mengalir di jaringan dapat dilihat/diambil oleh komputer manapun yang ada di jaringan asalakan komputer tersebut merequest data tersebut, kalo tidak direquest ya tidak akan datang. * Pada jaringan switch hanya komputer yang melakukan pertukaran data yang dapat melihat data tersebut, komputer2 lain tidak berhak merequest data tersebut.

*Sumber :  http://www.wahyu-winoto.com/2010/12/kekurangan-kelebihan-wifi-dan-cara-hack.html

Secara garis besar sebenarnya tidak jauh beda antara wimax and wifi.
“Meskipun teknologi dasarnya sama, Wi-Fi dan WiMAX masih memiliki perbedaan. Menurut James, perbedaan antara keduanya terletak pada pembagian spektrum yang dipakai, dan pada penggunaan frekuensi berlisensi dalam WiMAX. Meskpun WiMAX dan Wi-Fi menggunakan salah satu frekuensi tidak berlisensi (yakni frekuensi 5,8GHz), WiMAX juga diarahkan untuk bisa memanfaatkan dua frekuensi lain yang berlisensi, yakni 2,5GHz and 3,5GHz. Hal ini memungkinkan kita meningkatkan daya keluaran perangkat WiMAX sehingga bisa menjangkau jarak yang lebih jauh”, dengan begitu maka jika wifi beroperasi pada kisaran meter, maka WiMAX bisa beroperasi pada kisaran kilometer.
“Selain itu, WiMAX dirancang dalam tataran teknologi carrier-grade". Hal ini membuat WiMAX memiliki kehandalan dan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan Wi-Fi. Dengan jangkauan jarak yang lebih jauh, dan kemampuan untuk melewati aneka penghalang seperti gedung atau pohon, WiMAX sesuai untuk diterapkan di daerah perkotaan yang memiliki gedung perkantoran dan pemukiman.


* Sumber : http://itcommunity.blogsome.com/2007/07/26/wimax-akses-nirkabel-broadband-untuk-metropolitan/


WiMAX Technology
Menurut James A. Johnson (Vice President, Intel Communications Group/General Manager, Wireless Networking Group), istilah WiMAX berasal dari singkatan wireless (disingkat Wi) Microwave Access (disingkat MAX). Ada juga yang mengartikan WiMAX – Worldwide Interoparibility for Microwave Access.
WiMAX dibangun berdasarkan standar yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan akses nirkabel berkecepatan tinggi. WiMAX memungkinkan akses terhadap aneka aplikasi multimedia seperti video streaming, video conference via koneksi nirkabel. WiMAX dikembangkan pada saat dilakukannya penelitian untuk mengurangi terjadinya interferensi frekuensi di antara berbagai kanal yang jaraknya saling berdekatan.
Teknologi WiMAX
WiMAX menyerupai Wi-Fi dalam hal penggunaan teknologi modulasi yang sama. Sistem modulasi yang digunakan adalah OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). OFDM merupakan sebuah sistem modulasi digital di mana sebuah sinyal dibagi menjadi beberapa kanal dengan pita frekuensi yang sempit dan saling berdekatan, dengan setiap kanal menggunakan frekuensi yang berbeda. Keunggulan teknologi ini adalah memungkinkan kita memancarkan berbagai sinyal dalam jarak yang sangat berdekatan, tanpa harus cemas bahwa aneka sinyal tersebut akan saling mengganggu/berinterferensi.

Perbedaan WiFi dan WiMAX
  • Perbedaan antara keduanya terletak pada pembagian spektrum yang dipakai dan pada penggunaan frekuensi berlisensi. WiMAX menggunakan free lisensi 5,8 GHz.
  • Wi-Fi umumnya bekerja pada frekuensi 2,4 GHZ (Free License), tidak mampu bekerja dengan sinyal pantulan dan harus bekerja tanpa halangan obyek (Line of Sight).
  • WiMAX dengan frekuensi 2,5GHz and 3,5GHz (License) mampu menjangkau jarak yang lebih jauh, dan memiliki kemampuan untuk melewati aneka penghalang seperti gedung atau pohon.
  • WiMAX merupakan standar IEEE 802.16 yang membawahi aneka standar turunannya. standar inilah mengatur penggunaan perangkat nirkabel untuk keperluan jaringan perkotaan (Metropolitan Area Network/MAN). Standar ini khususnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan jaringan akan akses nirkabel berkecepatan tinggi atau BWA (broadband wireless access). Sedangkan WiFi merupakan standar IEEE 802.11 beroperasi pada kisaran 100 meter hingga 20 km (WiMAX bisa beroperasi pada kisaran 50 km)
  • WiMAX dirancang dalam tataran teknologi carrier-grade. Hal ini membuat WiMAX memiliki kehandalan dan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan Wi-Fi.


Label

Tags: